• PROMO PAKET TOUR JEPANG LIBUR LEBARAN 2019 SURABAYA
  • HARGA PROGRAM TOUR WISATA KELUARGA LIBURAN LEBARAN 2019 KOREA SEOUL NAMI ISLAND SURABAYA
  • HARGA PROMO PAKET WISATA TOUR AUSTRALIA SYDNEY MELBOURNE GOLD COAST LIBURAN LEBARAN 2019 SURABAYA
  • HARGA PROMO TIKET PENGALAMAN NONTON FORMULA ONE SINGAPORE

“Negeri” pembelian terbaik Amerika

KoreanWar

18 Oktober , 147 tahun yang silam, "negeri" indah dan kaya ini dibeli oleh Amerika dari Kerajaan Russia.

 

 

 Alaska : Pembelian terbaik Amerika

 

Adalah Bapak Willem Henry Seward, seorang politikus yang pada saat itu menjabat sebagai sekretaris Negara dibawah kepemimpinan Presiden ke 17 Amerika Andrew Johnson yang memprakarsai pembelian daerah milik Kerajaan Rusia seluas 1,7 juta kilometer persegi bernama Alyeska. Harga yang disepakati adalah seharga USD 7.200.000 atau sekitar USD 4,74 per kilometer persegi.
 
Kerajaan Russia yang pada saat itu sedang mengalami krisis keuangan, melihat bahwa daerah Alaska merupakan daerah luas yang letaknya terisolasi dengan populasi rendah lebih baik dijual ketimbang direbut oleh rival mereka Kerajaan Inggris dan mereka tidak mendapatkan kompensasi apapun.
 
Seward’s Folly (kebodohan Seward ) ataupun Andrew Johnson’s Polar Bear Garden (Taman Beruang Kutub milik Andrew Johnson ) , demikian opini dari sebagian rakyat Amerika tentang pembelian ini. Daerah ini dianggap sebagai daerah tandus besar yang dihuni penduduk asli (red.Suku Indian dan asli Alaska) yang menjadikannya sebuah beban baru dari Amerika.Namun semua pendapat itu berubah saat pertama kali ditemukan emas di Sungai Klondike Alaska.
 
 
Alaska “negeri” indah yang terdiri dari Hutan, Danau, Jajaran Pegunungan dan kehidupan binatang liar yang masih dibilang cukup terjaga dan memiliki sumber daya alam cukup kaya mulai dari Emas, Minyak Bumi,  Gas Alam dan Hasil laut. Hewan liar seperti Beruang Grizzly, Ikan Salmon , Moose (rusa besar),Domba Gunung pun masih berhabitat disini.
 
Hari ini Alaska menyumbang Amerika 25% produksi Minyak Bumi dan lebih dari 50% kebutuhan makanan laut. Sehingga “kebodohan” ini pun akhirnya dirayakan untuk mengenang pembelian ini, yaitu 30 Maret sebagai ditandatanganinya perjanjian jual beli tersebut dan 18 Oktober sebagai hari resmi Alaska menjadi bagian dari Amerika. Namun saya penasaran bagaimanakah pendapat Russia mengenai penjualan ini?!
 
alaska

Copyright 2014 Joshua Compass Tour
Ruko Grand City Regency B-12 Jln Rungkut Madya Surabaya 60293, Indonesia 
No Telp +62-31 871 5008