• PROMO PAKET TOUR JEPANG LIBUR LEBARAN 2019 SURABAYA
  • HARGA PROGRAM TOUR WISATA KELUARGA LIBURAN LEBARAN 2019 KOREA SEOUL NAMI ISLAND SURABAYA
  • HARGA PROMO PAKET WISATA TOUR AUSTRALIA SYDNEY MELBOURNE GOLD COAST LIBURAN LEBARAN 2019 SURABAYA
  • HARGA PROMO TIKET PENGALAMAN NONTON FORMULA ONE SINGAPORE

Cu Chi Tunnel : saksi kemenangan 'tikus' melawan 'gajah'

vietcong

Situs Cu Chi Tunnel terletak 1 jam dari Saigon. Terowongan bawah tanah ini atau sering disebut 'Jalur tikus' merupakan salah satu jaringan terowongan dari sedemikian banyak yang tersebar di seluruh wilayah Vietnam.

 

 

 Chu Chi Tunnel : Saksi kemenangan 'tikus' terhadap 'gajah'

Ho Chi Minh atau dahulu disebut Saigon merupakan kota terbesar di Vietnam yang terletak di sebelah Utara. Karena letak Maritimnya yang strategis dan lahan subur untuk pertanian, kota ini sering diperebutkan dan bahkan silih berganti "pemilik" sejak kota ini didirikan pada tahun 1698. Kerajaan Khmer Kamboja, Kerajaan Nguyen Vietnam, kolonial Perancis dengan dukungan Amerika, Jepang dan akhirnya dibawah kepemimpinan Komunis hingga saat ini.  

Kali ini Joshua Compass tidak akan membagikan sejarah kota Saigon namun destinasi terfavorit turis asing ketika mengunjungi Saigon yaitu Cu Chi Tunnel yang berhubungan dengan sejarah singkat dari tulisan di atas.

Situs Cu Chi Tunnel terletak 1 jam dari Saigon. Terowongan bawah tanah ini atau sering disebut 'Jalur tikus' merupakan salah satu jaringan terowongan dari sedemikian banyak yang tersebar di seluruh wilayah Vietnam. Cu Chi Tunnel mempunyai panjang kurang lebih 121km dengan jalur yang meliuk-liuk dan beraneka ragam kedalaman dari 3, 6 dan 8 meter dari permukaan tanah. Terowongan ini dibangun oleh tentara Komunis Vietnam dalam menghadapi invasi Tentara Amerika Serikat dan sekutunya di perang Vietnam antara kurun waktu 1969- 1972.

Para tentara Vietnam ini mengali terowongan - terowongan ini dengan peralatan seadanya ( seringkali dengan tangan saja ) dan secara mengendap-endap layaknya seekor tikus . Hal ini dilakukan supaya tidak terdengar oleh Tentara Amerika. Mereka menggunakan terowongan ini untuk berlindung dari Serangan Masive Bom-bom Amerika yang mencapai ratusan ton, mendistribusikan makanan, membuat senjata dan ranjau ,mengadakan pertemuan militer, merawat tentara yang terluka dan banyak hal lainnya. Sehingga terowongan ini menjadi seperti desa kecil yang ada di bawah tanah.

Jangan bayangkan bahwa terowongan Cu Chi ini leluasa untuk dimasuki. Lebarnya hanya sekitar 70 cm atau sebesar badan orang Vietnam pada waktu itu sedangkan tingginya hanya pas untuk merangkak. Dan tentu saja terowongan ini gelap, menambah kesulitan bagi setiap orang yang ingin menelusurinya, terlebih lagi bila anda seorang tentara Amerika yang notabene berbadan besar.

Selama tour di Cu Chi Tunnel, anda akan diajarkan tips - tips untuk bertahan hidup dalam terowongan bawah tanah. Saya rasa anda tidak akan menjalani hidup di bawah tanah bukan ?! Namun saya yakin hal ini akan membuka pemikiran kita bagaimana perjuangan tentara Vietnam demi negaranya.

Selama Tour anda akan dijelaskan kecerdikan orang vietnam seperti bagaimana mereka menyamarkan kepulan asap dari dapur bawah tanah mereka, anda juga akan disajikan makanan khas tentara Vietkong Singkong rebus kemudian mengunjungi Ruang perlindungan (Bunker), pembuatan sandal dan sepatu para tentara dan di lokasi Cu Chi, anda juga kesempatan untuk mencoba menembakan Senapan atau pistol. Lengkap sudah pengalaman anda menjadi Vietkong =)

Terlepas dari kesukaan saya di masa remaja terhadap Film action Hollywood Rambo yang dibintangi Sylvester Stallone yang dengan jagonya memasuki perkampungan Vietkong seorang diri dan membebaskan tawanan Amerika. Namun sejarah (read : fakta) mencatat bahwa tentara Vietnam kalah jauh dari Gajah Amerika dengan segala teknologi dan peralatan militernya. Namun kegigihan dan tekad Tentara Vietnam jauh lebih superior dari tentara Amerika yang tidak didukung oleh rakyatnya sendiri untuk berperang. Amerika mundur dari Vietnam pada tahun 1973 dan tentara Komunis Vietnam mendirikan Republik Sosialis Vietnam pada tahun 1975. Layaknya cerita Daud melawan Goliat, kisah inipun secara tak terduga dimenangkan oleh pihak yang dianggap inferior.

Copyright 2014 Joshua Compass Tour
Ruko Grand City Regency B-12 Jln Rungkut Madya Surabaya 60293, Indonesia 
No Telp +62-31 871 5008