• PROMO PAKET TOUR JEPANG LIBUR LEBARAN 2019 SURABAYA
  • HARGA PROGRAM TOUR WISATA KELUARGA LIBURAN LEBARAN 2019 KOREA SEOUL NAMI ISLAND SURABAYA
  • HARGA PROMO PAKET WISATA TOUR AUSTRALIA SYDNEY MELBOURNE GOLD COAST LIBURAN LEBARAN 2019 SURABAYA
  • HARGA PROMO TIKET PENGALAMAN NONTON FORMULA ONE SINGAPORE

Perayaan Day of three Kings di Spanyol

reyes magos

 

Mengenal Perayaan meriah di Spanyol yang tidak kalah meriahnya dengan Natal : The Day of Three Kings atau dalam bahasa Spanyol : Dia De Los Reyes Magos. 

 

 

 Perayaan The days of Three Kings di Spanyol

Memasuki bulan Desember ini, saya merasa suasana liburan sangat kuat sekali sehingga membuat saya lebih cepat mengantuk dan malas bekerja. Setidaknya itu yang saya rasakan, Bagaimana dengan anda ?! Suasana liburan itu tidak lepas juga dari sukacita perayaan Natal dan juga Tahun Baru yang selalu memberikan memori indah dari tahun ke tahun.

 

Terlepas dari apa keyakinan anda, anda pasti sudah melihat atau mengenal pohon Natal, Santa Claus beserta Rusanya. Namun kali ini saya akan membahas perayaan dalam periode Natal yang mungkin masih asing bagi kita orang Indonesia yaitu Perayaan Tiga Raja atau The Day of Three Kings atau dalam Bahasa Spanyol disebut Dia De Los Reyes Magos.

 

Di Spanyol, seperti kebanyakan negara Eropa lainnya sudah mempersiapkan Natal sejak awal bulan Desember dan baru berakhir pada tanggal 06 Januari. Mulai dari  Perayaan pesta rakyat dan Parade, ornamen Natal di jalan-jalan Spanyol , misa malam Natal dan tentunya diskon-diskon di tempat perbelanjaan.


Perayaan Tiga Raja sendiri diadakan untuk mengakhiri masa perayaan Natal yaitu pada tanggal 06 Januari. Perayaan ini untuk mengenang perjalanan tiga orang Raja yang diceritakan di Kitab Matius dan Lukas dalam menemukan bayi Yesus dengan mengikuti Bintang Natal atau juga disebut Bintang Bethlehem. Mereka datang untuk menyembah bayi Yesus dan memberikan persembahan yaitu Emas, wewangian dan Mur. Menurut tradisi Gereja Eropa, Tiga orang Raja ini bernama Gaspar, Melchor dan Baltazar dan digambarkan sebagai Raja yang berasal dari Asia, Eropa dan Afrika.

 3 king

 

Berbeda dengan hari Natal pada tanggal 25 Desember yang dirayakan dengan tenang dan berkumpul bersama keluarga, Hari Raya Tiga Raja ini dirayakan meriah di Spanyol. Parade ini mulai diadakan sebagai bagian dari tradisi pada tahun 1885 dan diadakan hampir di semua kota dan desa di Spanyol. Parade dimulai pada tanggal 05 Januari malam. Parade ini dimulai dari munculnya "Tiga Raja" menyusuri jalanan dengan melemparkan manisan dan permen. Disusul dengan berbagai macam kendaraan hias bergantian melewati jalanan-jalanan utama.

 

Di Spanyol, Perayaan ini adalah perayaan yang dinantikan banyak anak kecil karena hadiah dari orang tua mereka diberikan pada malam perayaan Tiga Raja ini, bukan pada malam Natal. Sosok Saint Claus atau Sinterklas juga tidak banyak muncul dibandingkan sosok Tiga Raja ini.

 

Pada malam 5 Januari, anak-anak Spanyol membersihkan sepatunya dan menaruhnya di tempat yang mudah dilihat Raja lengkap dengan permen untuk menarik Raja dan Jerami untuk makan unta Raja. Esok paginya mereka melihat bahwa Raja telah berkunjung dan mengambil permen mereka. Dan tepat disebelah sepatu ,mereka melihat Hadiah terbungkus kado yang menunggu untuk dibuka.

king children  street spain

together

Satu hal lagi kita pelajari tentang kebudayaan bangsa lain dalam hal ini Spanyol . Semoga memberi wawasan baru bagi anda semua. Dan tentunya dunia ini tidak hanya sebesar daun kelor. Dunia  penuh dengan warna, cerita dan nilai - nilai yang mungkin berbeda dengan apa yang selama ini kita mengerti. Semoga di lain kesempatan, akan ada banyak kebudayaan bisa disharekan.

 

Selamat Natal bagi kita semua !

Copyright 2014 Joshua Compass Tour
Ruko Grand City Regency B-12 Jln Rungkut Madya Surabaya 60293, Indonesia 
No Telp +62-31 871 5008